TIMELINE DISNEYLAND

1954 – Konstruksi dimulai di Anaheim, yang sering berlanjut 24 jam sehari untuk mendapatkan taman siap pada waktunya. Studio-studio Hollywood dan pemilik taman hiburan tidak dapat memahami konsep Walt tentang “taman hiburan”, dan menduga itu akan gagal dalam beberapa bulan setelah pembukaan. Burbank adalah lokasi yang diinginkan, tetapi kota itu menolak proyek tersebut karena takut akan atmosfer tipe “carnie” dan meningkatnya kejahatan yang dikaitkan dengan taman hiburan saat itu. Disneyland, pada kenyataannya, didasarkan jauh lebih sedikit pada taman hiburan tradisional dan lebih banyak pada pekan raya dunia, Taman Tivoli Denmark, Greenfield Village dan konsep “kota taman”, yang juga menjadi model bagi sebagian besar pinggiran kota Amerika yang dikembangkan selama tahun 1950-an. , 1960-an dan 1970-an (sebagian besar pelanggan Disneyland datang dari pinggiran kota itu, dan itu mengherankan mereka menemukannya begitu menarik). ABC, yang terkecil dari tiga jaringan, mulai menayangkan acara televisi Disneyland, yang akhirnya menjadi Dunia Indah Disney. Acara ini adalah pertama kalinya sebuah studio film Hollywood besar bermitra dengan televisi, dan menempatkan ABC di peringkat teratas. Program acara berdurasi satu jam itu dibagi menjadi empat tema panduan, Fantasyland (celana pendek animasi Disney), Frontierland (yang luar biasa sukses Davy Crocket), Adventureland (seri True-Life Adventures – film semacam itu pertama yang menangkap binatang di alam liar) dan Tomorrowland (pemrograman asli seperti Man In Space). atau hanya acara itu merupakan cara yang bagus untuk mengingatkan penonton tentang favorit Disney di masa lalu, tetapi itu juga merupakan pertama kalinya film masa depan dipromosikan menggunakan televisi, sebuah praktik yang sekarang sudah biasa. Selain itu, Walt menggunakan acara itu untuk menunjukkan rencana publik untuk konsep taman hiburannya. Walt Disney menjadi kepala studio pertama yang dikenal publik dalam sejarah Hollywood dengan menegaskan bahwa wajahnya akan ditampilkan di setiap episode Disneyland.

1955 – Disneyland membuka 17 Juli dengan 18 objek wisata, dengan biaya $ 17,5 juta. Lima tanah asli adalah Adventureland, Frontierland, Fantasyland, Tomorrowland dan Main Street USA (satu-satunya pintu masuk / keluar untuk taman). Upacara pembukaan dibuka oleh Ronald Reagan, Art Linkletter dan Robert Cummings. Ketiganya akan kembali untuk Disneyland ke-35 pada tahun 1990, dan Art Linkletter akan hadir untuk Disneyland ke-50 pada tahun 2005. Keramaian taman membengkak menjadi 30.000 karena lebih dari dua kali lipat jumlah tamu yang diundang saat orang memanjat pagar dan tembok di sekitar taman untuk masuk. Sebagian besar atraksi rusak dalam beberapa jam pertama dan banyak wanita kehilangan tumit sepatu mereka (ya orang berpakaian untuk Disneyland saat itu) karena aspal di Main Street USA baru saja dituangkan dan masih lunak. Disneyland dianggap sebagai bencana di Anaheim, meskipun grand opening televisi menarik penonton TV terbesar dalam sejarah sampai saat itu – lebih dari 90 juta pemirsa, yang pada tahun 1955, hampir semua orang yang memiliki kemampuan untuk menonton televisi. Pada bulan September, Disneyland menyambut tamunya yang ke 1.000.000. Disneyland tidak hanya membebankan biaya masuk untuk objek wisata (yang nantinya akan berubah menjadi tiket), tetapi juga ada tiket masuk umum di gerbang depan, yang mencegah “hal-hal yang tidak diinginkan.” Disneyland juga terletak di jalan bebas hambatan utama, jauh dari transportasi umum dan pusat kota Los Angeles, sekali lagi, membatasi akses ke mereka yang mampu membeli mobil. Itu jelas mewakili pergeseran hiburan Amerika dari pusat kota ke pinggiran sekitarnya.

1956 – Pada Oktober, 5 juta orang telah mengunjungi Disneyland. Tiket “D” diperkenalkan tahun ini. Skyway terbuka dan merupakan trem udara pertama dari jenisnya di AS. Pulau Tom Sawyer terbuka. “Tanah” lainnya, Edison Square, International Street, dan Liberty Street akan berlokasi di area belakang panggung antara Main Street USA dan Tomorrowland, namun semuanya tidak pernah selesai (Edison Square berfungsi sebagai inspirasi untuk Carousel of Progress, International Street akhirnya berubah. ke dalam World Showcase di Epcot Center, dan Liberty Street pada dasarnya adalah inspirasi untuk Liberty Square di Florida Magic Kingdom). Ide-ide ini akan muncul, kadang-kadang bahkan diumumkan kepada publik yang berkunjung dengan papan nama, antara akhir 1955 dan awal 1960-an.

1957 – Pada Desember, 10 juta orang telah mengunjungi Disneyland. Jalan masuk interior Sleeping Beauty Castle terbuka. Konstruksi dimulai di taman pertama untuk mencoba konsep “tema” Disney. Pendukung keuangan menjadi takut, dan Magic Mountain di Denver (tidak ada hubungan dengan Magic Mountain di luar Los Angeles), tidak pernah selesai, meskipun situs taman lama sekarang adalah Heritage Square di Denver.

1958 – Peta suvenir Disneyland berukuran poster pertama berukuran besar dirilis ke publik. Alice in Wonderland dibuka di Fantasyland. Pacific Ocean Park (POP) di Santa Monica diubah dari taman hiburan tradisional kecil menjadi taman hiburan mewah oleh pemilik baru CBS dan Hollywood Turf Club. Berharap untuk menguangkan kesuksesan yang tampaknya dimiliki Disney, $ 16 juta dimasukkan ke taman. Meskipun sangat populer, POP memilih untuk membayar biaya rendah $ 2,50 (POP juga berarti Pay One Price). Kerumunan orang berdatangan, tetapi biaya masuk yang rendah tidak memungkinkan untuk pemeliharaan fasilitas yang tepat (itu di sebelah laut), dan memungkinkan “yang tidak diinginkan” untuk membayar masuk ke taman. Taman ini akhirnya gagal dan ditutup pada tahun 1968.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *