Surat: Bentuk Komunikasi Yang Paling Kuat

Surat: Bentuk Komunikasi Yang Paling Kuat

Di mana pun Anda berada dalam kehidupan atau bisnis apa yang Anda jalankan, semua orang menggunakan dan mengirim surat sebagai alat komunikasi. Mungkin dalam pesan email, pesan teks atau dikirim melalui layanan pos standar, tetapi terlepas dari metode yang dipilih, surat itu selalu merupakan bentuk komunikasi yang tidak pernah ketinggalan zaman.

Contoh Surat lamaran kerja – Di atas dan di luar menjadi metode komunikasi yang dinamis, sebuah surat memiliki kekuatan untuk menyentuh hati pembaca atau membiarkannya tetap dingin. Bahkan, surat yang ditulis dengan baik dapat membuka pintu, mengundang bisnis baru, atau menyampaikan permintaan maaf yang tulus. Sebaliknya, surat yang ditulis dengan buruk dapat menghalangi Anda sebelum pembaca membaca kalimat kedua.

Apakah Anda sedang mempersiapkan surat pengantar tentang bisnis Anda, surat pengantar sebagai bagian pendamping untuk resume, surat penjualan yang menjual layanan Anda, surat referensi untuk kolega, surat penggalangan dana untuk amal penting Anda, surat dari keluhan ketika Anda tidak puas atau surat pengakuan memberi seseorang pujian yang layak, surat itu adalah salah satu bagian terpenting dari komunikasi yang pernah Anda tulis. Apa pun masalahnya, sepucuk surat memberi Anda kesempatan untuk didengarkan.

Jadi, ada apa dengan surat yang bagus yang bisa membuat perbedaan besar? Sederhananya, ketika surat Anda ditulis secara efektif, yang artinya dibuat dalam pesan yang dipoles dan disempurnakan, Anda memiliki peluang terbesar untuk membuat dampak. Sebagai contoh, baru-baru ini salah satu klien saya siap untuk promosi dan dia meminta bantuan saya dengan surat terima kasih kepada calon majikan. Semua orang tahu betapa pentingnya mengirim surat ucapan terima kasih setelah wawancara, tetapi menyampaikan surat terima kasih dengan benar bisa berarti mendapatkan pekerjaan atau ditembak jatuh. Dalam hal ini klien saya mendapat promosi! Contoh lain dari penulisan surat yang baik muncul ketika salah satu klien saya mengalami masalah dengan agen pemerintah. Mendapatkan perhatian dari seorang pejabat di kantor pemerintah bisa sangat menakutkan, namun setelah membantunya dengan surat yang bagus, ia mendapat respons dan undangan untuk rapat.

Jika Anda memiliki sesuatu yang penting untuk dikatakan, upaya ekstra dapat membuat semua perbedaan. Salah satu kiat terpenting dalam menulis surat yang baik adalah mencoba menulisnya dengan gaya percakapan. Tidak cukup hanya menulis surat dan memeriksa kesalahan pengejaan. Penting untuk membaca surat itu keras-keras, untuk diri sendiri dan bahkan kepada orang lain, hanya untuk memastikan Anda menyampaikan pesan Anda secara efektif. Bahkan surat resmi harus terdengar seolah Anda berbicara langsung kepada orang tersebut. Dengan kata lain, Anda harus mendengar surat itu, melihat surat itu dan meninjau surat itu dalam pengaturan yang berbeda. Sungguh menakjubkan betapa berbedanya surat itu ketika Anda membacanya dengan keras atau untuk diri Anda sendiri. Ini juga merupakan ide yang baik untuk menulis surat dan kemudian tidur sampai hari berikutnya.

Sebagai penulis profesional, saya telah membantu ribuan klien dengan membuat surat yang luar biasa, namun saya tidak pernah mengirim produk jadi sampai saya merasa puas bahwa surat itu terdengar sempurna di telinga saya. Percayalah pada saya ketika saya mengatakan, jika Anda menghabiskan waktu menyempurnakan surat Anda, kemungkinan besar Anda akan menuai manfaatnya. Dan jika Anda merasa tidak yakin tentang kemampuan menulis Anda atau jika Anda terlalu dekat dengan subjek Anda selalu dapat memilih penulis yang suka menulis surat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *