Indahnya 3 Masjid Megah Di Tanjung Selor

Islamic Center Nunukan Kaltara

Indonesia memiliki beberapa pulau, dari Sabang hingga Merauke. Tidak hanya itu, masing-masing pulau ini memiliki ciri khas tersendiri untuk menjadi ikon tempat itu. Selain makanan, tempat wisata yang menjadi ciri khas di kota atau pulau, bangunan menarik juga menjadi ikon tersendiri. Salah satunya terletak di utara Kalimantan, ada bangunan yang sangat indah sebagai tempat sholat bagi umat Islam. Bangunan itu bernama “Islamic Center Nunukan” atau juga dikenal sebagai “Islamic Center Hidayatur Rahma”.

Indahnya 3 Masjid Megah Di Tanjung Selor

Bangunan masjid ini sangat menonjol karena memiliki daya tarik yang menawan dalam bentuk penampilan padat yang sangat indah yang mengapung tinggi di antara pohon-pohon bakau di tepi pantai Nunukan. Tempat ini terletak di Jalan Sungai Jepun, Desa Mansapa, Kabupaten

Nunukan Selatan, Kabupaten Kalimantan Utara. Masjid ini tepat di depan kantor Bupati Nunukan. Jual Kubah Masjid Di Tanjung Selor

Islamic Center Nunukan adalah bangunan utama di wilayah ini, serta masjid yang dapat menampung hingga 800 jemaah sekaligus. Tidak hanya digunakan untuk menyembah masyarakat sekitar, tetapi beberapa dari mereka berada di tempat lain untuk datang ke Masjid Nunukan Islamic Center. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, tampaknya masjid ini digunakan sebagai tempat untuk mempelajari agama secara lebih mendalam dan melakukan kegiatan keagamaan lainnya.

Untuk membangun masjid yang indah membutuhkan total 300 miliar rupiah. Dana tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) Kalimantan Utara. Sementara dana yang digunakan untuk membangun masjid ini tidak signifikan, hasil konstruksi luar biasa. Padahal, bangunan masjid ini adalah bangunan masjid terbesar di perbatasan Indonesia dan negara Malaysia. Masjid Islamic Center Nunukan berdiri kokoh di atas lahan seluas 10 hektar.

Masjid Sultan Kasimuddin

Salah satu masjid terkenal di Kalimantan Utara adalah Masjid Sultan Kasimuddin. Masjid ini memiliki hubungan historis dengan Sultan Kasimuddin. Masjid ini terletak di Desa Tanjung Palas Tengah, Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Balungan, Kalimantan Utara.

Harap dicatat bahwa pada hari Kamis 25 Oktober 2012, Kalimantan Utara baru saja disetujui sebagai salah satu provinsi di Indonesia. Kalimantan Utara adalah provinsi ke-34 dan memiliki lima kabupaten dan satu kota.

Kelima kabupaten tersebut termasuk Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Tana Tidung dan Kabupaten Bulungan. Meskipun satu-satunya kota yang merupakan bagian dari provinsi Kalimantan Utara adalah kota Tarakan.

Di Kabupaten Bulungan, Tanjung Selor dipilih sebagai ibukota dan ibukota provinsi. Ketika diratifikasi di Kalimantan Utara, itu bertepatan dengan ratifikasi empat kabupaten baru yang dibentuk, yaitu Kabupaten Pangandaran di Jawa Barat, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pesisir Barat di Provinsi Lampung, dan Kabupaten Pegunungan Arafak di Papua Barat .

Diputuskan bahwa Kalimantan Utara akan menjadi provinsi baru, dengan tujuan segera merangsang pembangunan di wilayah perbatasan antara negara Indonesia dan Malaysia. Sumatera Utara adalah provinsi yang berbatasan langsung dengan Malysia.

Awalnya, Forum Komunitas Islam di Kabupaten Nunukan memiliki keinginan untuk memiliki dan membangun masjid di sana. Kemudian H. Zainudin HZ, mantan sekretaris daerah Nunukan dan Drs. Haji Abu Ubaedah, mantan kepala Kementerian Agama, mencetuskan ide membangun masjid, kemudian meminta FUI Nunukan untuk segera membuat dan mengajukan proposal untuk pembangunan Masjid Pusat Islam Nunukan.

Masjid Raya Istiqomah Tanjung Selor

Masjid Agung Istiqomah Tanjung Selor, adalah masjid terbesar dan terbesar di Bulungan – Kalimantan Utara. Alhamdulillah, kami bangga menjadi bagian dari masjid favorit warga Tanjung Selor.

Karpet masjid B + Turki minimalis kami telah ada di dalamnya selama sekitar 3 tahun dan masih berkualitas sangat baik. Menjelang Ramadhan 2015, kami dihubungi oleh salah satu DKM resmi dan diminta untuk memasang karpet masjid di masjid ini untuk menjadikannya lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *